Bikin Ngiler, Ini 5 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Bikin Ngiler, Ini 5 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 06:53 WIB
lontong kupang pak wito surabaya
Lontong kupang Cak Wito di Surabaya (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kota Surabaya menjadi gudangnya kuliner enak dan merakyat. Di sini, makanan rasa bintang lima bisa dinikmati dengan harga kaki lima. Dobel nikmatnya!

Detikcom merangkum sejumlah makanan khas Surabaya yang wajib dicicipi. Tak perlu merogoh kocek cukup dalam, makanan-makanan ini dijual dengan harga miring.

1. Lontong Balap
Makanan khas Kota Pahlawan satu ini paling enak dimakan pada siang hari. Dalam sepiring lontong balap, ada potongan lontong, irisan tahu goreng, yang dipadu dengan sayur taoge atau kecambah.

Lalu, ada pula lento atau singkong dan kacang polong hingga bumbu ulegan yang dibentuk bulat. Saat menyajikan lontong balap, penjual biasanya menyiapkan petis pada piring dan ditambah dengan cabe atau sambal sesuai pesanan pembeli.

Lontong balap semakin terasa nikmat saat disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Terakhir, padukan dengan sate kerang dan es kelapa muda. Segarrrr.

Sepiring lontong balap ini bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Lalu untuk sate kerangnya dijual dengan harga Rp 2 ribu saja. Murah bukan?

2. Rawon
Selain lontong balap, tak lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa mencicipi rawon. Kuliner satu ini enak dimakan kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari.

Kuah rawon dibuat dengan sejumlah rempah sehingga rasanya gurih. Ada pula tambahan kluwek yang membuat warnanya menjadi hitam namun sedap.

Biasanya, rawon disajikan dengan irisan daging sapi, telor asin dan tempe goreng. Lalu, kuah rawon hangat diberi sambal terasi dan taburan bawang merah goreng. Slurrpp, rasanya nikmat.

Untuk harganya masih relatif terjangkau. Sepiring rawon biasanya dibandrol mulai Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu. Tertarik mencoba?