Jokowi Kesengsem Durian Ripto Trenggalek, Keluarga Penemu Bersyukur

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 07:36 WIB
jokowi makan durian
Durian Ripto dicicipi Presiden Jokowi (Foto file: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Varietas Durian Ripto mendadak menjadi terkenal setelah dinikmati Presiden Jokowi saat berkunjung ke Bendungan Tugu Trenggalek. Pihak keluarga penemu Durian Ripto pun bersyukur, karena varietas unggulan dari desanya mampu memikat presiden.

Salah satu anak Suripto, Rusminah mengatakan Durian Ripto berawal dari pohon induk yang berumur lebih dari 100 tahun di tengah hutan Kali Kuning di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo. Pohon itu dikelola secara turun temurun oleh keluarganya.

Keunggulan kualitas durian tersebut telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pertanian dan kini banyak dikembangkan di wilayah Kecamatan Watulimo dan daerah lain.

"Ya Alhamdulillah, kami senang," kata Rusminah saat dikonfirmasi, Kamis (2/12/2021).

Namun pihaknya tidak tahu persis apakah durian yang dinikmati Jokowi berasal dari pohon induk atau hasil budidaya yang dilakukan masyarakat lain. Sebab pada saat kegiatan presiden itu, tidak ada keluarga Suripto yang diundang langsung di lokasi kegiatan.

"Tapi apakah itu Durian Ripto benar atau bukan kan enggak tahu persis. Karena anak-anak dari Bapak Suripto tidak ada yang disentuh (Diundang), justru yang disentuh yang tidak pegang sertifikat," jelasnya sambil tersenyum.

Tonton video 'Kala Jokowi Cicipi Durian Khas Trenggalek: Yang Saya Jumpai Ini Paling Enak':

[Gambas:Video 20detik]