Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup, Bukan Karena PPKM Tapi Cuaca Ekstrem

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 20:33 WIB
Rencana pembukaan jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditunda. Penundaan dilakukan karena ada perbaikan sistem registrasi online.
Gunung Arjuno-Welirang (Foto: Muhajir Arifin/File)
Pasuruan - Pendakian Gunung Arjuno-Welirang tetap ditutup meski level PPKM seluruh daerah yang terdapat pos pintu masuk kemungkinan dibuka. Penutupan pendakian gunung di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo itu karena cuaca ekstrem.

"Memang seharusnya sudah boleh dibuka, tapi karena cuaca ekstrem kami memutuskan ditutup," kata Kepala UPT Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi, kepada detikcom, Rabu (1/12/2021).

Wahyudi mengatakan seluruh pos pendakian ditutup. Mulai Pos Tretes Prigen dan Pos Tambaksari Purwosari di Kabupaten Pasuruan, Pos Sumber Brantas di Kota Batu dan Pos Lawang di Kabupaten Malang.

"Semuanya ditutup meski Kabupaten Pasuruan, Malang dan Batu level 2," terangnya.

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang sering buka-tutup dua tahun terakhir. Selain karena PPKM juga karena cuaca ekstrem.

Terakhir jalur pendakian Pos Tretes Prigen dan Tambaksari Purwosari di Kabupaten Pasuruan dibuka saat PPKM level 2, Minggu (19/9). Namun kembali ditutup saat PPKM kembali naik level 3, Selasa (5/10). Saat PPKM Kabupaten Pasuruan kembali turun ke level 2, Selasa (30/11), pendakian tetap ditutup karena cuaca ekstrem.

Untuk diketahui saat ini Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu memasuki PPKM level 2. Objek wisata diperbolehkan kembali dibuka namun dengan aturan ketat. Kapasitas 25 persen, menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk screening. (iwd/iwd)