Benarkah Bojonegoro Angker Bagi Presiden RI yang Berkunjung Dalam Tugas?

Benarkah Bojonegoro Angker Bagi Presiden RI yang Berkunjung Dalam Tugas?

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 18:53 WIB
pemkab bojonegoro
Pemkab Bojonegoro (Foto file: Ainur Rofiq/detikcom)
Bojonegoro - Benarkah Bojonegoro itu angker bagi Presiden RI untuk berkunjung dalam bertugas? Hanya Presiden pertama Soekarno yang datang ke Bumi Angling Darma ini. Namun Presiden Jokowi pernah mampir ke Bojonegoro meski hanya mampir sesaat.

Presiden Jokowi pernah melintasi Bojonegoro pada tahun 2015 lalu. Bahkan sempat singgah di Kecamatan Kasiman. Pada saat itu, Jokowi akan melakukan kunjungannya ke Tuban. Dan kabar ini dibenarkan salah satu pejabat di Pemkab Bojonegoro.

"Waktu itu sebenarnya tidak ada kunjungan di Bojonegoro, hanya melintasi saja. Waktu itu kalau nggak salah dari arah Ngawi menuju ke Tuban, tapi melintasi Padangan dan Kasiman. Sempat singgah di Kasiman terus balik lagi lewat Cepu-Blora," jelas salah satu ASN Bojonegoro kepada detikcom, Rabu (1/12/2021).

Namun untuk kegiatan kunjungan ke Bojonegoro, Jokowi tidak pernah sama sekali. Kabar rencana kunjungan beberapa presiden ke Bojonegoro yang sudah dijadwalkan atau direncanakan selalu batal sering terjadi dan tak bisa dipungkiri.

Kala itu presiden Jokowi yang pada tahun 2017 seharusnya meresmikan sebuah proyek kilang minyak di Bojonegoro. Namun secara tiba-tiba batal hadir. Padahal pada waktu itu semua persiapan acara dalam kegiatan itu telah dilakukan dengan matang untuk menyambut kehadiran seorang presiden.

Salah satu penganut budaya Jawa, Mbah Suri (62) membenarkan belum ada kabar presiden berkunjung di Bojonegoro setelah Presiden Pertama Seokarno.

"Memang setahu saya belum ada presiden yang kesini ( Bojonegoro). Kalau ada itu dulu zaman Mbah Karno (Soekarno)," tutur Mbah Suri kepada detikcom.

Mbah Suri memang sangat ingat dengan cerita zaman dulu yang kini banyak dijadikan warga sebuah mitos. Namun sebagian masyarakat sangat percaya dengan mitos tersebut.

"Sebagian percaya, sebagian menganggap mitos," tambahnya.

Simak juga 'Bau Busuk Keluar dari Sumur Minyak di Bojonegoro, Ini Kata Pertamina':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)