PPKM Level 2, Wisata Pasuruan Dibuka

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 15:45 WIB
Salah satu obyek wisata di Pasuruan
Salah satu obyek wisata di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

PPKM Kabupaten Pasuruan turun level dari 3 ke level 2 mulai 30 November hingga 13 Desember 2021. Objek wisata kembali dibuka namun dengan aturan ketat.

"Sesuai Instruksi Mendagri, di PPKM level 2 tempat-tempat wisata boleh buka dengan aturan ketat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati, Rabu (1/12/2021).

Aturan ketat yang dirinci Eka yakni maksimal kapasitas 25 persen, menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk screening. Untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, lanjut Eka, diizinkan masuk dengan syarat didampingi orang tua.

"Kami minta aturan seusai Inmendagri ditaati," tandas Eka.

Meski sudah diizinkan buka, kondisi tempat-tempat, khusus wisata alam masih sepi. Selain ada pembatasan kapasitas, cuaca ekstrem menyebabkan warga malas berwisata.

"Kami sudah buka, tapi masih sepi karena cuaca hujan terus. Wisata alam memang sepi katena kebanyakan area outdor juga. Ini penurunan rata-raya 50 persen dari biasanya pada musim kemarau," kata Farid Maulana, pengelola wisata di Prigen.

Objek wisata alam di Pasuruan sebagian besar berada di Kecamatan Prigen, Purwodadi, Tutur dan Tosari. Kecamatan-Kecamatan ini diguyur hujan hampir setiap hari. Longsor juga rentan terjadi.

(iwd/iwd)