Pria di Blitar yang Bakar Rumah dan Bacok Warga Ternyata ODGJ

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 10:47 WIB
odgj bakar rumah di blitar
Rumah yang dibakar Pranoto (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Pranoto, pria yang membakar rumah dan membacok tetangganya di Blitar diketahui merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Pranoto berhasil diamankan dan dibawa ke RSJ Lawang.

Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian, Pranoto sudah lama menderita gangguan jiwa. Gangguan jiwa itu terdeteksi setelah Pranoto pulang dari bekerja di Kalimantan.

Bahkan sekitar tahun 2000, dua nyawa melayang menjadi sasaran Pranoto ketika mengamuk. Satu korban ketika Pranoto tinggal di Kediri, dan satu korban lagi ketika Pranoto tinggal di Tulungagung.

Pranoto pernah menikah dengan wanita asal Kediri sekitar tahun 2000. Namun rumah tangganya kandas karena Pranoto mengamuk dan membunuh saudara istrinya.

Pranoto kemudian pindah bekerja di Tulungagung. Namun di tempat itu, Pranoto kembali mengalami gangguan jiwa dan membunuh seorang rekan kerjanya.

Pada Selasa (30/11) sekitar pukul 19.30 WIB, seorang tetangganya bernama Hanes mengetahui Pranoto sedang membawa botol bensin dari arah timur. Bensin lalu disiramkan ke sepeda motor Mukani yang terparkir di teras rumahnya. Mukani sendiri diketahui sedang tidak berada di rumahnya.

Karena para saksi mengetahui jika Pranoto mempunyai riwayat gangguan jiwa dan pernah membunuh 2 orang, mereka hanya bisa memperingatkan orang-orang untuk segera menjauh.