Jokowi Kagumi Desain Modern Pasar Pon Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 22:48 WIB
Dalam rangkaian kunjungan kerja, Jokowi sempat mengunjungi Pasar Pon,  pasar tradisional yang dibangun secara modern di Trenggalek
Jokowi kunjungi Pasar Pon Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Pihaknya mengaku akan terus mengelola Pasar Pon Trenggalek dengan baik, sehingga masyarakat bisa nyaman saat berbelanja. Selain itu infrastruktur yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR akan dijaga, sehingga mampu bertahan lama.

"Untuk menambah kenyamanan, di pasar ini juga kami siapkan keranjang troli seperti di pasar modern, sehingga pembeli bisa keliling pasar sambil dorong dagangan," imbuhnya.

Pasar Pon Trenggalek sempat terbakar pada tahun 2018 itu, bisa menampung 700 pedagang. Pembangunan Pasar Pon dimulai Mei 2020 di atas lahan 1,2 hektare dan diresmikan Selasa (9/2/2021). Desain Pasar Pon Trenggalek mirip Convent Garden Market dan Royal Opera House London. Terutama pada bagian atapnya.

Sejumlah fasilitas modern juga disiapkan menunjang operasional pasar, mulai dari lift, 55 kamera pengawas, sistem pemadam kebakaran, hingga guiding block untuk penunjuk arah tuna netra.

Dalam rangkaian kunjungan kerja, Jokowi sempat mengunjungi Pasar Pon,  pasar tradisional yang dibangun secara modern di TrenggalekJokowi sempat mengunjungi Pasar Pon Trenggalek/ Foto: Adhar Muttaqin

Baca juga: Soal Desain Pasar Pon Trenggalek, Wagub Emil Terinspirasi Bangunan di London

"Iya memang terinspirasi dari sana," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak kepada detikcom saat itu, Jumat (12/2/2021).

Emil bercerita, saat acara kelulusan magisternya di Universitas Oxford tahun 2017, muncul ide untuk mengadopsi desain atap arc terbuka Convent Garden Market, London dan fasad depan Royal Opera House di London.

"Covent Garden Market sebenarnya jauh lebih kecil bentang arc-nya, maka dilakukan modifikasi untuk Pasar Pon Trenggalek dengan penerapan fasad depan yang lebih artistik sesuai Royal Opera House," terangnya.

Pemprov Jatim akan ikut serta dalam mendukung kesuksesan Pasar Pon, salah satunya dengan mengintegrasikan dengan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo). Sehingga perkembangan harga kebutuhan bahan pokok dapat terpantau dengan mudah.


(fat/fat)