Tuntutan UMK Dipertimbangkan Gubernur Khofifah, Massa Buruh Bubarkan diri

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 18:51 WIB
demo buruh di sidoarjo
Plh Sekdaprov Heru Tjahjono menemui massa buruh (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Perwakilan massa buruh yang tergabung dalam Gerakan Serikat Pekerja (Gasper) Jatim bertemu dengan perwakilan Forkopimda Jatim di Gedung Grahadi, Selasa (30/11) sore.

Jajaran Forkopimda Jatim yang dipimpin oleh Plh Sekdaprov Heru Tjahjono menemui massa buruh di depan Grahadi. Di depan buruh, Heru menyampaikan sejumlah poin yang disepakati antara Pemprov Jatim dengan perwakilan unsur buruh.

"Jadi tentunya kesepakatan ini, hasil pertemuan seluruh unsur serikat, antaranya, SPSI, KSPI, FSPMI, termasuk Gasper. Dari Pemprov, ada saya, ada Pak Wakapolda, Pak Kapolrestabes Surabaya, dan Kepala Disnakertrans," kata Heru kepada massa buruh.

demo buruh di sidoarjoBuruh berangsur bubar setelah ditemui Forkopimda (Foto: Faiq Azmi)

"Hal yang kami sampaikan adalah kesepakatan yang nantinya akan dilakukan dan ditindaklanjuti rapat di Grahadi," sambungnya.

Heru mengungkapkan, usulan kenaikan UMK di 38 Kabupaten/Kota yang diminta para buruh akan diakomodir Gubernur Khofifah. Mantan Bupati Tulungagung ini menambahkan, Gubernur akan rapat kembali dengan Dewan Pengupahan Jatim malam ini, untuk menentukan UMK di 38 Kabupaten/Kota.

Sementara, Ketua Dewan Pengupahan Jatim Ahmad Fauzi mengatakan, Gubernur Khofifah siap mengakomodir keinginan para buruh. Ia mengimbau buruh untuk segera balik ke rumahnya.

"Bu Gubernur sudah mendengar kita, saya imbau ayo bubar, balik ke rumah. Nanti malam akan diumumkam," kata Fauzi.

Jazuli, Jubir Gesper Jatim berterima kasih kepada Khofifah, karena mau menerima usulan para buruh. "Terima kasih Bu Khofifah, sudah mendengarkan kami buruh, nanti malam kita bersama menunggu keputusan UMK," tandasnya.

Berikut poin lengkap pertemuan unsur buruh dengan perwakilan Pemprov Jatim pada Selasa (30/11) pukul 17.15 WIB:

1. Usulan kenaikan UMK di 38 Kabupaten/Kota diakomodir Ibu Gubernur

2. Usulan tentang upah unggulan yang disampaikan bupati/wali kota akan dipertimbangkan Ibu Gubernur

3. Usulan tentang upah kesepakatan, sebagaimana jalan keluar untuk usaha yang kurang mampu, yang diusulkan bupati/wali kota, oleh Ibu Gubernur akan dipertimbangkan

4. Formula kenaikan, dalam poin 1, 2, 3 akan dibahas dewan pengupahan, dan unsur serikat pekerja.

Pasca ditemui jajaran Forkopimda Jatim, buruh mulai membubarkan dirinya.

(iwd/iwd)