Pembangunan Bendungan Gongseng Bojonegoro yang Diresmikan Jokowi Telan Rp 583 M

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 13:32 WIB
Jokowi Resmikan Bendungan Tugu di Trenggalek
Jokowi resmikan Bendungan Gongseng (Foto file: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Presiden Joko Widodo hari ini juga meresmikan Bendungan Gongseng di Bojonegoro. Bendungan Gongseng dibangun sejak 2013 dengan menelan biaya Rp 583 miliar.

Jokowi mengatakan bendungan ini memiliki daya tampung air hingga 22 juta meter kubik. Bendungan Gongseng juga mampu mereduksi banjir hingga 45%.

Tak hanya bisa mereduksi banjir, Jokowi menyebut Bendungan Gongseng bisa membantu mengairi lahan pertanian hingga 6.200 hektare.

"Kemudian bendungan Gongseng ini memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare," kata Jokowi di Bendungan Tugu Trenggalek, Selasa (30/11/2021).

Jokowi berharap adanya dua bendungan ini mampu mereduksi banjir hingga membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

"Diharapkan dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat semakin meningkat, petani semakin produktif dan bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," harap Jokowi.

Saat peresmian, Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Trenggalek Nur Arifin, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah hingga sejumlah perwakilan petani.

(fat/fat)