Daya Tampung Bendungan Tugu yang Akan Diresmikan Jokowi 12 Juta Meter Kubik

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 10:52 WIB
Bendungan Tugu, di Kabupaten Trenggalek
Bendungan Tugu Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (30/11/2021). Inilah data teknis terkait waduk pertama di Trenggalek tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Tugu, Yudha Tantra Ahmadi, mengatakan bendungan itu memiliki daya tampung air mencapai 12 juta meter kubik, yang berasal dari aliran Sungai Keser dan sejumlah anak sungai lainnya.

"Sedangkan luas genangan air, berdasarkan pengukuran terakhir itu 41,8 hektare," kata Yudha saat dikonfirmasi.

Bendungan yang dibangun sejak Januari 2014 tersebut memiliki panjang bentang tengah 475 meter, dengan ketinggian 89,85 meter. Bendungan Tugu diproyeksikan dapat dimanfaatkan untuk pengairan 1.200 hektare area persawahan, pembangkit listrik tenaga mikro hidro 0,4 MW.

Yudha menjelaskan sejak dilakukan pengisian air perdana (impounding) 21 September lalu, saat ini bendungan telah terisi air sebanyak 2,6 juta meter kubik. Pengisian air sengaja dilakukan secara bertahap, karena masih dalam tahap pantauan keamanan dari Komisi Keamanan Bendungan.

"Itu masih belum ada separuhnya, memang sengaja belum diisi penuh, hanya sepertiga dari kapasitas. Kemarin sempat kami keluarkan airnya, karena untuk menjaga elevasi air," jelasnya.

Bendungan Tugu diproyeksikan akan mampu mengairi 1.200 hektare lahan pertanian. Selain itu waduk tersebut juga menjadi salah satu instrumen pengendali banjir di wilayah Trenggalek.

Posisi Bendungan Tugu yang berada di jalur nasional Trenggalek-Ponorogo juga berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Trenggalek. Terlebih lokasi bendungan berdampingan langsung dengan rest area Anjungan Cerdas.

(fat/fat)