RS di Surabaya Bersiap Hadapi Varian Baru Omicron

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 10:03 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7

"Pada prinsipnya kami tetap menjaga kewaspadaan ada atau tidak ada varian baru tersebut. Terutama pada IGD, rawat jalan dan tindakan operasi yang kontak antara pasien dan nakes cukup lama," kata Dirut RSI Jemursari, dr Bangun Trapsila Purwaka SpOG-K.

Senada, RS PHC Surabaya juga tengah mencermati adanya varian Omicron. Untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan risiko penyebaran COVID-19, RS PHC Surabaya mengimplementasikan beberapa program.

Misalnya diberlakukan pemasangan QR Code yang terintegrasi dengan PeduliLindungi di setiap akses pintu masuk dan keluar layanan, baik pasien maupun pengantar pasien dan pegawai RS PHC Surabaya.

Selain itu, manajemen juga telah memisahkan gedung dan akses masuk khusus untuk pasien reguler dan Corona hingga skrining kesehatan bagi pasien dan tenaga medis.

"Kemudian adanya pemberlakuan general cleaning dan disinfeksi berkala, petugas ber-APD dan telah tervaksinasi COVID-19 hingga dosis ke-3 dan memiliki cluster pelayanan anak, dewasa khusus kandungan dan dewasa umum," jelas Humas PHC Surabaya, Irvan Prayogo.

Dari sisi untuk tindakan intervensi, mulai dari Kamar Operasi dan ICU juga telah kami pisahkan dan beda gedung. Kami ingin memastikan semua pelanggan merasa aman dan nyaman saat berobat di RS PHC Surabaya," imbuhnya.

Begitu pula dengan RS Royal Surabaya yang mengaku senantiasa waspada sebelum status RS rujukan COVID-19 belum dicabut.

"Selama status pandemi dan status sebagai RS rujukan COVID-19 belum dicabut, maka kewaspadaan dan antisipasi di RS Royal tetap masih dengan kondisi yang sama. Tidak kendor dan tetap mengalokasikan bed pasien khusus COVID-19," pungkas Jubir COVID-19 RS Royal Surabaya, dr Dewa Nyoman Sutanaya.


(fat/fat)