RS di Surabaya Bersiap Hadapi Varian Baru Omicron

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 10:03 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7
Surabaya -

Sejumlah Rumah Sakit (RS) di Surabaya tengah mewaspadai varian virus COVID-19 baru B.1.1.529 atau Omicron. Virus ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan.

Jika ditemukan pasien COVID-19 yang dicurigai mengarah ke varian baru tersebut, hasil tes usapnya akan dibawa ke Institut of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair).

Di sana akan dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mengetahui secara pasti apakah pasien tersebut terpapar varian Omicron atau tidak.

"Semua RS imbauan dari Kadinkes, harus waspada varian virus baru tersebut. Bahkan bila mencurigai, hasil Swab PCR-nya bisa dikirim ke ITD Unair untuk dilakukan pemeriksaan WGS. Untuk diketahui jenis atau tipe varian virusnya," kata Dirut RS Husada Utama (RSHU) Surabaya dr Didi Dewanto SpOG saat dihubungi detikcom di Surabaya, Selasa (30/11/2021).

Namun hingga kini, tidak ada pasien yang dicurigai mengarah ke varian Omicron. Didi menyebut di RSHU saat ini tidak ada pasien COVID-19.

"Tidak ada pasien COVID-19 saat ini di RSHU," ujarnya.

Sementara itu, RS Islam (RSI) Jemursari Surabaya mengaku senantiasa meningkatkan kewaspadaan meskipun telah ditemukan atau tidaknya varian baru.

Simak video 'Tes WGS Diwajibkan bagi Pelancong dari Wilayah Terpapar Omicron':

[Gambas:Video 20detik]