Bendungan Tugu Berhasil Reduksi Banjir di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:12 WIB
bendungan tugu Trenggalek
Bendungan Tugu Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Pembangunan Bendungan Tugu, Trenggalek, tuntas. Rencananya, Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan bendungan yang dibangun Kementerian PUPR sejak Januari 2014, dengan menelan anggaran APBN Rp 1,8 triliun.

Tuntasnya pembangunan bendungan itu disambut baik pemerintah daerah setempat. Bupati Trenggalek mengklaim manfaat bendungan telah dirasakan masyarakat, karena mampu mengurangi risiko banjir.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, manfaat bendungan telah dibuktikan sekitar 10 hari saat wilayahnya diguyur hujan deras selama beberapa hari. Sehingga debit air sungai mengalami peningkatan dan berpotensi banjir besar.

"Saat itu posisi air sudah hampir setara penuhnya waduk bendungan dari tanggul utama. Kalau hari itu belum jadi bendungannya, atau Pak Presiden tidak membangun bendungan di sana, wilayah kota mungkin sudah banjir parah," kata M Nur Arifin, Senin (29/11/2021).

Menurutnya keberadaan Bendungan Tugu dinilai berhasil mengendalikan limpahan air dari wilayah barat Trenggalek. Saat itu banjir hanya terjadi di wilayah Kampak dan Gandusari, yang merupakan limpahan air dari sisi selatan.

Pihaknya berharap dengan rencana pembangunan dua bendungan lain di Trenggalek, yakni Bendungan Bagong dan Bendungan Kampak mampu menuntaskan problematika banjir yang kerap terjadi di wilayahnya.

Bupati menambahkan, saat ini selain untuk mereduksi banjir di kawasan perkotaan, Bendungan Tugu juga akan memiliki manfaat besar bagi 1.200 hektare lahan pertanian. Nantinya Kementerian PUPR akan membangun saluran utama hingga tersier dari kawasan waduk, menuju lahan pertanian.

Mengingat sejumlah kawasan pertanian di Trenggalek, selama ini masih sering mengalami kekeringan, meskipun berada di kawasan dataran rendah. Sehingga petani harus bersusah payah menggunakan pompa air untuk menjaga tanaman agar bisa panen.

"Beberapa daerah irigasi di sekitar kawasan Tugu Karangan kemudian kota, sampai Durenan ini rata-rata kawasan datar. Tapi kita belum bisa panen maksimal, jangankan tiga kali, dua kali panen saja susah," jelasnya.

Bendungan Tugu berada di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek tuntas dibangun pada tahun 2022. Waduk tersebut memiliki kapasitas 9, 3 juta meter kubik, dengan luas area genangan air mencapai 41,8 hektare.

(fat/fat)