Buruh Kembali Demo UMK, Kawat Berduri Tutupi Grahadi

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 12:18 WIB
demo buruh di grahadi
Gedung Grahadi dipasang kawat berduri (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Buruh kembali akan melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Grahadi, Surabaya terkait upah minimum tahun 2022. Kawat berduri dipasang untuk mengantipasi massa buruh di depan Gedung Negara Grahadi.

Dari pantauan detikcom, hingga pukul 11.50 belum terlihat massa buruh tiba di Grahadi. Namun, kawat berduri sudah dipasang dan terdapat mobil rantis di di luar dan dalam Grahadi.

Kawat berduri juga dipasang di depan Taman Apsari yang ada di seberang Grahadi. Terlihat pula beberapa kendaraan polisi diparkir di area sekitar Grahadi. Beberapa polisi terlihat ada di samping dan seberang Grahadi untuk pengamanan.

demo buruh di grahadiFoto: Esti Widiyana

Puluhan polisi terpantau ada di area Grahadi dan Taman Apsari yang ada di seberangnya. Mereka bersiap siaga jika massa demo tiba. Untuk arus lalu lintas masih terpantau lancar. Sebab, sepanjang jalan Gubernur Suryo tidak ditutup.

Buruh yang akan melakukan demo ini memprotes kenaikan UMK Surabaya yang hanya Rp 6.000.

Massa buruh yang akan melakukan aksi dilaporkan sekitar 25 ribu. Massa buruh didominasi dari daerah Ring-1 Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan) bergerak dari daerah masing-masing untuk bertemu di titik kumpul utama di Bundaran Waru, Jalan A. Yani Surabaya pukul 12.00 WIB. Setelah itu, bergerak bersama menuju Gedung Negara Grahadi.

"Serikat Pekerja/Serikat Buruh se Jawa Timur yang tergabung ke dalam aliansi Gerakan Serikat Pekerja) GASPER Jawa Timur kembali melakukan aksi demonstrasi. Aksi demonstrasi ini akan dipusatkan di Gedung Negara Grahadi dengan estimasi massa sebanyak 25 ribu orang," kata Jubir Gasper Jatim, Jazuli, Senin (29/11/2021).

(iwd/iwd)