BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Jatim Dibayangi Hujan Disertai Angin Kencang

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 08:34 WIB
hujan di surabaya
Ilustrasi hujan (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

BMKG Juanda memprediksi, pagi ini sebagian wilayah di Jatim disambut dengan mendung, hujan ringan hingga hujan lebat disertai petir. BMKG Juanda juga memperingatkan angin kencang dan petir saat hujan mengguyur hari ini.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," tulis BMKG dalam situsnya yang dilihat detikcom, Senin (29/11/2021).

Pagi hari ini sekitar pukul 07.00-10.00 WIB diprakirakan cuaca cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Hujan mengguyur wilayah Nganjuk, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Saat siang-sore hari sekitar pukul 13.00-16.00 WIB diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. di wilayah Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang dan Sumenep.

Kemudian pada malam hari, guyuran hujan sudah mulai mereda. Namun tetap masih ada wilayah yang turun hujan intensitas ringan hingga hujan disertai petir.

Yakni di wilayah Batu, Kabupaten Pasuruan dan Sumenep. Dan dini harinya sekitar pukul 01.00-04.00 WIB hujan mengguyur di wilayah Gresik, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Suhu udara 15 - 33 °C, Kelembapan udara 60 - 100%. Angin dominan dari Tenggara - Selatan dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

(fat/fat)