32 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Puluhan Warga Jombang Mengungsi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 16:55 WIB
Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Dusun Puri A, Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang merusak 32 rumah warga. Puluhan warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka rusak parah.
Rumah rusak di Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jombang -

Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Dusun Puri A, Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang merusak 32 rumah warga. Puluhan warga terpaksa mengungsi karena rumah rusak parah.

"Pagi ini kami data masih ada 8 rumah rusak yang belum kami laporkan. Sehingga total 32 rumah rusak, 12 di antaranya rusak parah, tidak bisa ditempati," kata Kades Purisemanding, Nurbata kepada wartawan di lokasi, Jumat (26/11/2021).

Sebanyak 12 rumah rusak parah, lanjut Nurbata, mengakibatkan puluhan warga mengungsi. Karena kondisi atap yang tersapu angin membuat belasan rumah tersebut tidak bisa ditempati.

Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Dusun Puri A, Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang merusak 32 rumah warga. Puluhan warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka rusak parah.Rumah rusak di Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

"Warga yang mengungsi sekitar 40 orang, mereka tidur di rumah tetangga yang tidak terdampak," terangnya.

Sejak pagi tadi warga bekerja bakti memperbaiki rumah-rumah yang rusak ringan. Sedangkan perbaikan rumah yang rusak sedang dan berat menunggu bantuan material dari Pemkab Jombang.

"Bantuan dari Pemkab Jombang belum ada. Mudah-mudahan Pemda segera menanggapi bencana ini. Sehingga kalau ada bantuan segera diluncurkan," terangnya.