Kota Blitar PPKM level 1, Bioskop Dibuka Kembali

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 11:27 WIB
Bioskop CGV di Blitar
Bioskop CGV di Blitar (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Kabar gembira bagi warga Blitar Raya. Gedung bioskop kembali buka. Namun penonton harus sudah vaksin COVID-19 minimal dosis pertama.

Gedung bioskop CGV yang berlokasi di lantai tiga Blitar Town Square (Blitos), mulai buka sejak Sabtu (20/11/2021). Pembukaan CGV ini seiring masuknya Kota Blitar dalam PPKM level 1. CGV langsung memutar film-filmya di lima studio yang mereka punya.

Manager CGV Blitar Wilih Prastika mengatakan animo warga Blitar dengan beroperasinya kembali CGV sangat luar biasa. Sejak Sabtu sampai Minggu, diperkirakan sebanyak 800-1.000 penonton menikmati hiburan nonton film di satu-satunya gedung bioskop di Kota Patria ini.

"Karena animo masyarakat sangat luar biasa, maka selama PPKM level 1 ini setiap studio kami batasi jumlah penontonnya 70 persen dari kapasitas ruangan. Selain itu prokes COVID-19 juga ketat kami jalankan, baik kepada staf kami sendiri maupun kepada semua penonton," ujar Wilih kepada detikcom, Selasa (23/11/2021).

Di antara prokes COVID-19 itu, tambah Wilih, yakni semua penonton wajib sudah mendapatkan vaksin minimal dosis pertama. Untuk memastikan itu, semua penonton akan di-scan barcode di depan pintu masuk area CGV Blitar.

"Kami juga memastikan, staf yang melayani penonton juga aman. Artinya mereka sudah vaksinasi dua dosis dan hasil rapid antigennya negatif," ungkapnya.

Selain vaksin, kewajiban memakai masker juga diterapkan selama mereka menonton film yang durasinya 1,5-2 jam. Walaupun pihak CGV Blitar mengizinkan pentonton makan snack dan minum, namun aktivitas mereka terpantau CCTV yang ada di setiap studio.

"Makan minum boleh. Namun kalau masker dilepas dalam jangka waktu lama, akan terpantau CCTV dan petugas kami akan datang mengingatkan. Ini penting untuk kesehatan kita bersama," kata Wilih.

Untuk mengantisipasi adanya kerumunan antrean saat pembelian tiket, Wilih mengaku juga membuka penjualan tiket secara online. Walaupun diakuinya, layanan online ini kurang diminati warga, karena mereka tidak leluasa memilih film, mengetahui promo jika tidak datang langsung ke lokasi. Setidaknya cara ini bisa menjadi solusi menghindari kerumunan dan antisipasi timbulnya klaster baru selama PPKM level 1.

Dibukanya kembali CGV ini menjadi semacam oase bagi generasi milenial Blitar. Pasalnya sejak bioskop ditutup Maret 2020 lalu, praktis tidak ada hiburan bagi warga Blitar yang menyukai nonton film-film terbaru.

"Waahh...senang sekali. Karena disini nonton film ya hanya di CGV. Jadi itu satu-satunya hiburan segar di sela waktu kerja yang padat di kantor. Kalau konkow sih sudah biasa dan pilihannya banyak. Tapi kalau nonton ya hanya di situ tempatnya," jawab karyawan swasta, Dinar.

(iwd/iwd)