Polda Jatim Terima Laporan PSSI Kasus Suap Pengaturan Skor di Liga 3

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 21:11 WIB
Wadirreskrimum Polda Jatim AKBP Ronald Ardiyanto Purba
Wadirreskrimum Polda Jatim AKBP Ronald Ardiyanto Purba (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

PSSI melaporkan kasus dugaan suap pengaturan skor atau match fixing Liga 3 di Jatim. Laporan itu kini akan diselidiki Ditreskrimum Polda Jatim.

Wakil Direktur Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Ronald Ardiyanto Purba membenarkan laporan telah dilayangkan hari ini. Pelapor yakni pihak Komdis Asprov PSSI Jatim.

"Iya ada. Tadi siang laporannya dari Asprov PSSI," terang Ronald kepada detikcom, Senin (22/11/2021).

Menurut Ronald, laporan yang diterima pihaknya yakni satu pertandingan yang ada di Gresik. Ronald menjelaskan saat ini status laporan masih dalam penyelidikan.

"Ada satu pertandingan yang dilaporkan. Nanti baru kami pelajari. Statusnya masih lidik. Iya dugaannya di Gresik," jelas Ronald.

"Jadi kami kami pingin konstruksikan, apakah modelnya suap atau pemerasan atau penipuan. Nanti dari proses penyelidikan itu yg kita bangun konstruksinya untuk bisa menjadikan sebuah perkara," imbuhnya.

Ronald menambahkan, jika nanti dari hasil penyelidikan ditemukan unsur pidana. Maka status akan dinaikkan ke penyidikan dan menetapkan tersangka.

"Nah, dari proses penyelidikan nanti. Kalau kami menemukan tindak pidana, kita bisa menentukan siapa tersangka-nya. Baru kita melaksanakan penyidikan," tutur Ronald.

Dalam penanganan kasus ini, lanjut Ronald, pihaknya berjanji akan transparan. Sedangkan dalam pekan ini, pihaknya akan mengundang saksi-saksi untuk dimintai keterangan dalam rangka penyelidikan.

"Kami akan undang. Proses pengundangan itu minimal 2 hari. Kami undang sekarang, ya nunggu 2 hari. Ya minggu-minggu inilah," tandas Ronald.

(iwd/iwd)