BMKG Prakirakan Wilayah Jatim Terjadi Hujan-Angin Kencang Mulai Siang-Malam

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 09:43 WIB
Surabaya -

Jangan lupa sedia payung dan jas hujan. Karena, BMKG Klas I Juanda Surabaya memprakirakan Kota Surabaya dan sekitarnya akan diguyur hujan hingga angin kencang pada siang hingga sore hari.

Selain Kota Surabaya, sejumlah wilayah di Jawa Timur juga diprakirakan pagi hingga dini hari nanti.

Data prakiraan cuaca yang diterima detikcom dari BMKG Juanda menyebut pada pagi hingga sore hari, cuaca di Jatim diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan hingga sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Lalu pada malam sampai dini hari, cuaca cenderung cerah, berawan, berkabut, hujan ringan hingga sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Tak hanya itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Pada pagi hari, kondisi tersebut akan berlangsung di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Lalu, siang sampai sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Sementara pada malam hari, hujan disertai petir dan angin kencang sesaat terjadi di wilayah Jember dan Banyuwangi. Sedangkan pada dini hari, kondisi ini diprakirakan terjadi di wilayah Tuban, Pacitan dan Tulungagung.

Untuk suhu udara di angka 14 hingga 33 °C dan kelembapan udara mulai 60 sampai 100%. Sedangkan angin dominan dari Barat Daya menuju Barat dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

(hil/fat)