Melihat Pesanggrahan The Raung, Peninggalan Belanda di Bondowoso

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 11:52 WIB
Bangunan peninggalan zaman Belanda ini mulai dilirik wisatawan yang berkunjung ke Bondowoso. Bangunan ini memiliki arsitektur yang klasik dan tampak eksotis.
Pesanggrahan The Raung/Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom

Menurutnya, bangunan ini sangat strategis. Multifungsi. Selain untuk peristirahatan ketika hendak atau balik dari Gunung Raung, tak jauh dari tempat ini juga terdapat tanaman eucalyptus atau kerap disebut sebagai hutan pelangi. Karena batang pohonnya tampak berwarna-warni.

"Kami juga merencanakan tempat ini untuk dijadikan coffee techno park. Yakni tempat untuk mengetahui proses pengolahan kopi, dari pascapanen hingga siap saji jadi minuman," papar Arif.

Bangunan peninggalan zaman Belanda ini mulai dilirik wisatawan yang berkunjung ke Bondowoso. Bangunan ini memiliki arsitektur yang klasik dan tampak eksotis.Pesanggrahan The Raung/ Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom

Pantauan di lokasi, pada hari-hari tertentu khususnya akhir pekan tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan lokal maupun warga sekitar. Kendati hanya untuk sekadar berswafoto.

Pun tak jarang yang datang bersama keluarga. Terutama yang memiliki anak kecil. Sebab, di halaman depan dan belakang bangunan kini disediakan taman bermain, dengan beragam wahana permainan.


(sun/bdh)