BMKG Sebut 4 Daerah di Jatim Siaga Banjir, Malang Raya Siapkan Tanggap Bencana

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 13:41 WIB
bmkg juanda
Foto: Istimewa (BMKG Juanda)
Malang - BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Timur. Malang Raya menjadi wilayah dengan status siaga banjir. Pemerintah daerah setempat telah menyiapkan langkah tanggap bencana.

Dari pantauan detikcom, sejak pagi hingga pukul 12.00 WIB Malang Raya sudah dihinggapi mendung. Namun di atas pukul 12.00 WIB sudah gerimis.

Wali Kota Malang Sutiaji mengaku, telah menginstruksikan lurah yang memiliki wilayah di aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. Di luar itu, Kota Malang sudah menetapkan siaga bencana hidrometerologi bersamaan dengan masuknya musim hujan.

"Kami sudah instruksikan para lurah, khususnya punya wilayah di sepadan sungai agar meningkatkan kewaspadaan. Setelah ada peringatan dari BMKG akan terjadi hujan lebat selama dua hari ini," kata Sutiaji kepada detikcom, Sabtu (20/11/2021).

Menurut Sutiaji, peringatan dini hujan akan diberikan kepada masyarakat di bantaran sungai, bila diketahui debit air sungai mulai naik.

"Petugas yang berada di titik pantau, akan segera menginformasikan apabila ada kenaikan debit air sungai. Sehingga bisa segera mengevakuasi warga di titik aman," tuturnya.