Menpora Sosialisasikan Desain Besar Olahraga Nasional di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 20:32 WIB
menpora zainudin amali
Menpora Zainudin Amali menyosialisasikan Desain Besar Olahraga Nasional (Foto: Deny Prastyo Utomo_
Surabaya -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyosialisasikan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Surabaya. Sosialisasi Perpres itu salah satu tujuannya agar bisa bisa mendapatkan target pembibitan atlet yang jelas.

Sosialisasi Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang DBON itu tidak hanya dihadiri secara langsung oleh Menpora Zainuddin Amali, namun juga di hadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sosialisasi itu juga dihadiri perwakilan beberapa induk olahraga tingkat Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

"Mulai sekarang, berdasarkan Perpres itu, pembinaan olahraga sudah ada panduannya. Jadi nggak bisa lagi kita memberikan target yang tidak sesuai dengan itu," ungkap Zainudin Amali kepada wartawan di Hotel Doubletree di Jalan Tunjungan, Jumat (19/11/2021).

"Sebagaimana saya sampaikan, target kita sangat tinggi, yakni olimpiade dan paralimpiade. Asean games dan SEA Games, itu menjadi sasaran, tentu kalau skop daerah targetnya adalah PON," ungkap Zainudin Amali.

Menpora menjelaskan sosialisasi Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional dilakukan di sepuluh sentra pembinaan dan pengembangan atlet di Indonesia. Salah satunya di Jawa Timur.

"Saya kira ini sosialisasikan, kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota dan induk olahraga yang ada di Provinsi. kita berkeliling ke beberapa tempat. Nah, kenapa di Jawa Timur, karena Jawa Timur ini merupakan satu dari sepuluh sentra yang akan dikembangkan untuk pembinaan olahraga," ungkap Zainudin Amali.

Lebih lanjut, Zainudin Amali menyampaikan dalam Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional tersebut, talenta-talenta dan bakat-bakat anak bangsa di bidang olahraga di akan diambil dari 10 sentra yang telah ditunjuk, yang salah satunya ada di Jawa Timur.

"Mudah-mudah di dalam kehadiran Ibu Gubernur Provinsi Jawa Timur kemudian stakeholder olahraga di Jawa Timur. Jawa Timur segera menyesuaikan dengan Perpres ini sehingga lebih terarah, fokus, dan apa yang akan dituju desain Olahraga Nasional bisa akan tercapai," tandas Zainudin Amali.

(iwd/iwd)