Round-Up

Awan Arcus di Balik Awan Mirip Gelombang Tsunami di Pamekasan Madura

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 07:31 WIB
awan mirip gelombang tsunami di pamekasan
Awan mirip gelombang tsunami (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Awan berbentuk gelombang tsunami terlihat membentang di langit Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB, pada Kamis (18/11), ini sempat membuat ngeri masyarakat.

Penampakan awan berbentuk gelombang tsunami ini tampak di Pantai Talang Siring, Pamekasan. Seakan-akan awan tersebut menunjukkan sedang terjadi gulungan ombak yang sangat besar.

Fenomena ini membuat ngeri masyarakat yang melihat, apalagi berada tepat di atas lautan. Tak hanya itu, awan mirip gelombang tsunami ini juga terlihat mirip seperti lukisan.

"Saya tadi pagi lihat ngeri juga, awannya berbentuk seperti tsunami," kata salah satu warga, Widi kepada detikcom, Kamis (18/11/2021).

Dalam video yang diterima detikcom di Surabaya, awan berbentuk gelombang tsunami ini membentang luas di langit. Awan tersebut berwarna hitam pekat.

Namun, ada sejumlah awan putih yang berbentuk seperti gelombang tsunami. Awan mirip gelombang tsunami ini terlihat berada di atas laut kawasan Pantai Talang Siring.

Tampak pula beberapa perahu sedang bersandar dan tidak ada satu orang atau nelayan berada di lokasi. Sementara kondisi langit saat ada fenomena awan mirip tsunami ini juga gelap digelayuti mendung.

Saat dikonfirmasi, Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan awan mirip tsunami tersebut merupakan awan arcus.