Gerhana Bulan Sebagian Tampak di Jatim, Waspada Pesisir Surabaya Banjir Rob

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 15:11 WIB
fenomena Gerhana Bulan Sebagian dari langit Indonesia tahun ini terjadi pada 19 November
Foto: Istimewa (Dok. BMKG)
Surabaya - Gerhana bulan sebagian akan terjadi Jumat (19/11/2021). Adanya fenomena ini juga berpengaruh pada terjadinya banjir rob di pesisir Kota Surabaya.

BMKG Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya mengatakan fenomena gerhana turut mempengaruhi ketinggian pasang surut air laut.

Posisi bulan, bumi dan matahari yang sejajar mengakibatkan gaya tarik terhadap air laut lebih tinggi sehingga terjadi pasang air laut.

"Banjir Rob diprediksi ada di pesisir yang topografinya rendah, seperti di Jalan Kalimas Perak Utara," kata BMKG Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya dalam keterangannya kepada detikcom di Surabaya, Kamis (18/11/2021).

Namun, genangan yang ditimbulkan akibat banjir rob tidak terlalu tinggi.

"Banjir rob ini dengan ketinggian pasang 130cm, kemungkinan hanya akan ada genangan kurang dari 10 cm," tambahnya.

Kendati demikian, wilayah pesisir Surabaya dan Sidoarjo diprediksi tidak mengalami kenaikan pasang air laut yang signifikan.

"Terkait gerhana pada tanggal 19 Nov 2021, untuk wilayah pesisir Surabaya atau Sidoarjo kami prediksi tidak mengalami kenaikan pasang air laut yang signifikan," pungkasnya.

Sebelumnya, gerhana bulan sebagian ini bisa disaksikan di sejumlah wilayah Jawa Timur. Fenomena ini disebut memiliki durasi terlama pada abad ini. Namun, wilayah Jatim tak bisa melihat puncak gerhana bulan sebagian ini.

Karena, wilayah yang bisa menikmati puncak gerhana hanya di Manokwari dan Jayapura. Tetapi, sejumlah wilayah Jatim masih bisa menikmati fase gerhana sebagian berakhir dan fase gerhana berakhir. (hil/fat)