Polisi Sebut Joddy Sempat Main HP Beberapa Kali Sebelum Kecelakaan

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 15:48 WIB
Surabaya - Tubagus Joddy, sopir Vanessa Angel sempat bermain handphone sebelum mobil yang dikendarai kecelakaan di Tol Jombang. Bahkan, Joddy diketahui menggunakan handphone hingga beberapa kali.

Salah satu momen Joddy menggunakan handphone diketahui pukul 11.58 WIB. Saat itu Joddy diketahui menghubungi orang tuanya padahal tengah mengemudi. Tak hanya itu, Joddy juga aktif di medsos seperti yang banyak beredar.

"Hasil pemeriksaan kami, keterangan-keterangan ini menguatkan betul dia main handphone. Di medsos ada, terus betul main chat ke bapaknya pada pukul 11.55 WIN berarti kan dia pada saat nyetir," papar Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman, Kamis (11/11/2021).

Atas kelalaiannya itu, Joddy dijerat dengan Pasal 310 Ayat 2, Ayat 4 tentang UU Lalu Lintas dan Jalan Raya dan Pasal 331 ayat 5 tentang kelalaian menyebabkan kecelakaan. Sebab menurut Latif, Joddy melakukan hal itu dengan sengaja.

Baca juga: Kecepatan Mobil Vanessa Angel Saat Kecelakaan 130 KM/Jam

"Dalam perjalanan menuju TKP sekitar 30 menit. Jadi, di situ bisa dikatakan Joddy bermain handphone pada saat nyetir. Itu untuk bukti bahwa dia melakukan kesengajaannya, kegiatannya bisa membahayakan orang lain," kata Latif.

Sebelumnya, Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanessa Angel dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

(fat/fat)