Banjir Bawa Lumpur Repotkan Warga Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 11:20 WIB
banjir di pacitan
Warga membersihkan luapan lumpur akibat banjir (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Banjir melanda sejumlah wilayah di Pacitan. Ini setelah hujan lebat mengguyur sejak pagi. Hingga pukul 10.00 WIB genangan air di beberapa kawasan sudah surut.

"Air sempat menggenang dan sampai ke permukiman warga," kata Sukadi, warga RT 2 RW 1 Desa Cokrokembang, Kecamatan Ngadirojo kepada wartawan, Kamis (11/11/2021) pagi.

Sukadi menuturkan, hujan yang turun sejak subuh berlangsung sekitar 1 jam. Pun begitu debit air yang tinggi sudah mampu mengakibatkan banjir.

"Begitu terjadi banjir lalu hujannya berhenti," tambahnya.

banjir di pacitanBanjir di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)

Pantauan di lokasi, bersamaan genangan yang mulai surut sejumlah warga tampak bekerja bakti. Mereka bergotong royong membersihkan endapan lumpur yang tertinggal di pekarangan.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo membenarkan meluapnya sungai di Kecamatan Ngadirojo yang jadi penyebab banjir.

Selain melanda wilayah Pacitan timur, lanjut Didik, genangan juga sempat terjadi ruas jalan utama di Kecamatan Kota. Penyebabnya diduga karena saluran tidak mampu menampung air akibat tersumbat sampah.

"Di Desa Belah, Kecamatan Donorojo juga sempat terjadi (genangan) akibat sungai bawah tanah tersumbat," tambahnya.

Sesuai peringatan BMKG, tutur Didik Alih, musim pancaroba diperkirakan berdampak perubahan cuaca ekstrem. Warga yang tinggal di titik rawan bencana pun diimbau waspada terhadap perubahan yang terjadi.

"Yang terpenting adalah utamakan upaya mitigasi atau pengurangan risiko," tandasnya seraya minta warga kembali pada kearifan lokal sebagai sarana peringatan dini.

Simak video 'Ada Potensi Pertumbuhan Awan Hujan di Sejumlah Wilayah':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)