Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Dibentangkan di Tebing Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 13:02 WIB
Trenggalek -

Komunitas pencinta alam dan masyarakat di Kecamatan Gandusari, Trenggalek membentangkan Bendera Merah Putih di tebing. Itu dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan.

Salah seorang anggota Mapala, Didik Jarwanto mengatakan, pembentangan dilakukan pada tebing 100 meter di wisata Telung Lintang, Desa/Kecamatan Gandusari.

Untuk membentangkan bendera berukuran 20 x 10 meter tersebut, pihaknya menerjunkan enam orang pemanjat profesional dari Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo dan Kediri.

"Ini adalah agenda rutin tahunan di tanggal 10 November, untuk memperingati Hari Pahlawan. Pengibarnya dari Mapala," kata Didik, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya untuk bisa membentangkan bendera, tim Mapala membutuhkan waktu persiapan selama satu hari. Mulai dari penyiapan lokasi, jalur hingga pemasangan tali pengait.

Detik-detik pembentangan bendera raksasa dilakukan dengan upacara bendera yang diikuti oleh komunitas pencinta alam, polisi, TNI hingga Satpol PP, jajaran pemerintah desa dan kecamatan serta masyarakat umum.

Didik menambahkan, Bukit Telung Lintang menjadi pilihan karena memiliki akses yang mudah dan bisa dijangkau oleh berbagai jenis kendaraan. "Ini juga sekaligus untuk mengenalkan wisata Telung Lintang," pungkasnya.

(sun/bdh)