Hari Pahlawan

Fakta Viral Tank Sekutu 'Jan Cox' dalam Pertempuran 10 November 1945

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 09:37 WIB
Fakta Viral Tank Sekutu Jan Cox dalam Pertempuran 10 November 1945
Tank Jan-Cox milik sekutu (Foto: Istimewa)

Lalu apakah benar keterangan foto tersebut? Pegiat Sejarah Surabaya Kuncarsono menyebut viralnya foto tersebut dengan kata 'Jancuk' hanya dikait-kaitkan saja.

Menurutnya, tank itu terkonfirmasi tidak pernah bertempur di Surabaya. Ia kemudian meluruskan bahwa foto tersebut diambil pada tahun 1947 di Jawa Barat dan bukan di Surabaya pada tahun 1945.

"Ndak. Itu gak di Surabaya. Tapi Jawa Barat tepatnya di Garut. Itu foto barusan aja. Tembung gatik. Tahun 1947. Tembung gatuk," beber Kuncar kepada detikcom, Rabu (10/11/2021).

Dari informasi yang didapat, terang Kuncar, bahwa tank tersebut memang benar milik Belanda, tapi sempat dikuasai para pejuang di sana. Namun tak lama, tank tersebut kembali dapat direbut Belanda waktu itu.

"Itu juga sudah dikonfirmasi sama ahli foto. Ya memang milik Belanda tapi diambil sama pejuang dan berhasil direbut kembali Belanda tahun 1947," ujar pria yang juga sekaligus forum diskusi sejarah Begandring Soerabaia itu.

"Kalau soal nama. Ya biasanya kan kendaraan-kendaraan tank itu kan selalu dicat dikasih tulisan atau nama pasukannya. Jadi gak ada hubungannya dengan 'Jan Cox' dengan kata 'jancuk'. Utak atik tembung gatuk dan ngawur saja," tandas Kuncar.


(fat/fat)