Hari Pahlawan

Fakta Viral Tank Sekutu 'Jan Cox' dalam Pertempuran 10 November 1945

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 09:37 WIB
Fakta Viral Tank Sekutu Jan Cox dalam Pertempuran 10 November 1945
Tank Jan-Cox milik sekutu (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Sebanyak 30 ribu pasukan sekutu Inggris memborbardir Kota Surabaya pada 10 November 1945 melawan pejuang Indonesia. Pertempuran ini kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Tak hanya lewat udara dan laut, pasukan sekutu juga mengerahkan pasukan infantri dengan dukungan kendaraan tempur tank. Mereka terus merangsek melalui darat dan memaksa mundur para pejuang.

Perang yang diprediksi Inggris hanya memakan waktu 3 hari ternyata menjadi 23 hari. Pertempuran yang disebut Inggris sebagai inverno atau neraka itu membuat banyak korban, terutama dari pihak pejuang Indonesia.

Sengitnya pertempuran itu juga banyak terdokumentasi dari foto-foto sejarah yang beredar. Bahkan salah satu foto yang sempat viral memberikan keterangan betapa tangguhnya kendaraan lapis baja milik sekutu.

Dalam foto tersebut, tampak sejumlah pasukan sekutu sedang berpose bersama sebuah tank bertuliskan 'Jan Cox'. Tangguhnya kendaraan lapis baja ini diyakini sangat ditakuti oleh pejuang arek-arek Suroboyo.

Tak heran kalau tank itu lewat para pejuang langsung memilih mundur sambil meneriakkan tulisan 'Jan Cox'. Tulisan ini kemudian diduga menjadi asal usul kata khas Surabaya yakni 'Jancuk'.

"Dulu dalam perang 10 nov 1945... tank sekutu ada yang berlabel Jan Cox... tank tsb sangat ditakuti oleh arek2 pejuang Surabaya saat itu... manakala tank itu lewat. arek2 berseru awas jancuk jancuk lewat. Itulah asal muasal kata pisuhan Surabaya," demikian caption dalam foto.