Pengelola Sebut Tol Tempat Kecelakaan Vanessa Angel Laik Fungsi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 16:12 WIB
Tol JoMo dan Jalur Arteri Jombang
Tol Jombang-Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/File)
Jombang - Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) yang menjadi lokasi kecelakaan Vanessa Angel dinyatakan laik fungsi. Bahkan, jalan bebas hambatan sepanjang 40,5 Km ini selalu memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).

Kepala Departemen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jomo Zanuar Firmanto mengatakan uji laik fungsi dilakukan Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, serta akademisi.

"Jadi, Astra Tol Jomo sudah laik fungsi untuk seksi 1 tahun 2014, seksi 3 tahun 2016, seksi 2 tahun 2017, seksi 4 tahun 2018," kata Zanuar saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (9/11/2021).

Astra Tol Jomo yang dibangun dan dikelola PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) membentang di wilayah Jombang dan Mojokerto. Jalan bebas hambatan sepanjang 40,5 km ini bagian dari Tol Transjawa. Ruas tol ini menghubungkan Tol Ngawi-Kertosono dengan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Tol Jombang-MojokertoTol Jombang-Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto)

Tidak hanya laik fungsi, lanjut Zanuar, Astra Tol Jomo juga selalu dinyatakan memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) oleh BPJT. Menurut Zanuar, petugas BPJT melakukan pemeriksaan lapangan rutin terhadap Astra Tol Jomo setiap bulan. Inspeksi tersebut antara lain untuk memeriksa kondisi permukaan jalan, layanan transaksi dan layanan lalu lintas.

"Ada yang namanya monitoring standar pelayanan minimal oleh BPJT, itu setiap bulan sampai saat ini. Astra Tol Jomo dinyatakan layak terus. Karena inspeksi dan perawatan dari internal kami PT MHI dilakukan setiap hari," terangnya.

Seperti jalan bebas hambatan pada umumnya, tambah Zanuar, Astra Tol Jomo mempunyai batas kecepatan maksimal yang aman bagi pengguna jalan. Menurut dia, tol ini dibangun dengan kecepatan rencana (design speed) 120 Km per jam.

"Kalau pengendara melaju dengan kecepatan 120 Km per jam masih aman, melalui tikungan juga tidak terasa menikung. Namun, sesuai undang-undang dan rambu-rambu di tol, batas kecepatan maksimal 100 Km per jam. Lebih dari itu bakal kena tilang," tandasnya.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

Simak video 'Keterangan Saksi yang Memilukan di Lokasi Kecelakaan Vanessa Angel':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)