Dari Rumah Terduga Teroris di Gresik, Densus 88 Bawa Puluhan Buku dan Laptop

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 15:16 WIB
Gresik -

Densus 88 melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris berinisial AS. Sejumlah buku jihad diamankan oleh petugas.

Rumah AS berada di Jalan Granit Kumala 3, RT 01 RW 15, Perumahan Kota Baru Driyorejo, Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Penggeledahan dilakukan mulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Ketua RT 01, Sarpan mengatakan, pihaknya diminta Densus 88 untuk menyaksikan penggeledahan tersebut. "Tadi dari polres atau polsek memberitahu saya tolong disaksikan, ini ada penggeledahan. Itu saja. Jam 08.00 WIB mulai," kata Sarpan kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Sarpan menambahkan, dirinya tidak sendirian dalam menyaksikan proses penggeledahan di rumah terduga teroris tersebut. Sarpan bersama Ketua RW dan Kepala Desa Petiken.

Terkait hasil penggeledahan yang dilakukan Densus 88, Sarpan melihat ada buku-buku yang dibawa petugas. Proses penggeledahan berlangsung sekitar 2 jam.

"Nah barang-barangnya ada, barangnya ada buku. Bukunya ada 60an kalau nggak salah. Sepintas saya lihat (buku-buku) bacaan ada tentang jihad. Ada laptopnya, 3 laptop kalau nggak salah," ungkap Sarpan.

Saat penggeledahan rumah terduga teroris berlangsung, Sarpan mengatakan, Jalan Granit Kumala 3 dijaga petugas kepolisian. Warga dilarang untuk mengambil gambar.

Densus 88 membawa dua kardus berisi buku dan laptop kemudian dimasukkan ke mobil berwarna hitam. "Bukunya tadi ditaruh di kardus mi. Ada dua kardus dan tas laptop," kata Sarpan.

(sun/bdh)