Melihat Kreativitas Anak Muda Banyuwangi Angkat Potensi Desa

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 22:45 WIB
Melihat Kreativitas Anak Muda Banyuwangi Angkat Potensi Desa
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Sejumlah anak-anak muda Banyuwangi menyulap rumah kuno menjadi lokasi yang sangat instagramable. Aktivitas ini dilakukan untuk meningkatkan geliat wisata di desa.

Puluhan anak muda yang tergabung dalam Banyuwangi Youth Creative Network (BYCN) bersemangat untuk melakukan branding potensi wisata di desa. Kali ini mereka berkarya di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh. Mereka menyulap rumah milik kepala desa setempat, Mura'i Ahmad, menjadi spot foto yang menarik.

"Awalnya kami ditantang membuat sesuatu yang menarik untuk mengembangkan Kecamatan Singojuruh, khususnya Desa Gumirih. Selama ini Singojuruh terkenal karena tradisi kebo-keboan, mereka ingin ada destinasi baru," jelas Ketua BYCN, Vicky Hendri Prasetyo kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Setelah keliling desa, mereka melihat rumah Kades yang banyak peninggalan kuno. Di lahannya yang seluas satu hektar, selain ada rumah pribadi, juga terdapat 9 rumah Using kuno dan 1 Joglo besar. Belum lagi, barang-barang peninggalan kuno koleksi Murai.

"Kami jadi terinspirasi ingin membuat tempat yang selain untuk spot foto, namun bisa juga untuk belajar sejarah. Koleksinya ada yang dari jaman dinasti Qing," ujarnya.

Mereka pun dengan semangat "membongkar" lahan milik murai. Koleksi pintu-pintu kuno mereka jajar sedemikian rupa menjadi gerbang masuk yang menarik. Rumah-rumah using didesain dengan interior yang menarik dan siisi koleksi barang-barang lawas.

Pengunjung yang datang seolah diajak tur mengunjungi beragam spot tematik yang menarik.