SBY Didiagnosa Kanker Prostat, Keluarga di Pacitan Terkejut

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 14:45 WIB
Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosa mengidap kanker prostat. Keluarga di Pacitan mengaku kaget mendengar kabar tersebut.
Sepupu SBY, Soedjono/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosa mengidap kanker prostat. Keluarga di Pacitan mengaku kaget mendengar kabar tersebut.

"Tentunya keluarga di sini yang terkejut benar karena selama ini beliau tidak punya riwayat penyakit apa-apa," kata sepupu SBY, Soedjono kepada wartawan di rumah tinggalnya, Jalan Gatot Subroto, Rabu (3/11/2021).

Pria yang pernah menjabat Ketua DPRD itu mengaku mendengar kabar terkait sakitnya SBY, dari media massa. Bahkan sesaat usai kabar itu beredar, suami almarhumah Ny Kristiani Herawati langsung bertolak ke Negeri Paman Sam untuk berobat.

Soedjono yang akrab dengan SBY sejak muda menuturkan, kerabatnya tersebut memiliki fisik yang prima. Hal itu karena SBY selalu menjaga kebugaran. Salah satunya dengan olahraga, terutama bola voli. Beragam aktivitas fisik dan kesenian juga digelutinya.

"Keluarga berdoa semoga sakitnya setelah ditangani cepat sembuh, sehingga bisa bergabung kembali dengan keluarga di Indonesia juga di Pacitan," harapnya.

Pria yang kini juga aktif di dunia perguruan tinggi itu mengenang pertemuannya kembali dengan SBY, kala peletakan batu pertama museum. Sebelumnya, Soedjono juga sempat melawat ke Cikeas saat Ny Ani wafat. Saat itu, lanjut Soedjono, SBY tak menunjukkan gejala sakit sama sekali.

"Sehat begitu saja. Maka dengan sakitnya ini keluarga begitu kaget," pungkasnya.

(sun/bdh)