Gus Ipul Bicara Konsep Kota Madinah di Depan Wagub Jatim-IPHI

Muhajir Arifin - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 17:00 WIB
Pelantikan IPHI Kota Pasuruan di Gedung Gradika dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akan mewujudkan Kota Pasuruan jadi Kota Madinah. Konsep itu dijelaskan di hadapan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Pasuruan.

Menurut Gus Ipul, Kota Madinah merupakan konsep pembangunan yang menitikberatkan kemajuan ekonomi, keindahan kota dan keharmonisan masyarakat.

"Kami di Kota Pasuruan ini akan berusaha untuk mewujudkan Kota Madinah. Sebuah kota yang maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya," kata Gus Ipul usai pengukuhan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kota Pasuruan di Gedung Gradika, Sabtu (30/10/2021).

Kota Pasuruan sebagai Kota Madinah juga akan diwujudkan lewat pembangunan fisik. Pihaknya mendesain kawasan alun-alun dan Masjid Jami Kota Pasuruan menyerupai kawasan Kota Madinah.

Selain itu, Pasuruan juga akan membangun kawasan wisata yang menyerupai Mekkah yakni di lahan milik P3GI. Di lahan milik BUMN ini, akan dibangun Kabah mini disertai dengan masjid dan lokasi manasik haji.

"Nanti kawasan pelabuhan akan kami bangun menyerupai Jeddah. Jadi nanti bapak ibu yang belum sempat berhaji cukup ke Kota Pasuruan," kata Gus Ipul.

Dengan pembangunan ini, kata Gus Ipul, nantinya Kawasan Kota Pasuruan juga bisa dijadikan lokasi manasik haji yang cukup besar dan mampu menampung ribuan jemaah.

Pelantikan IPHI Kota Pasuruan di Gedung Gradika dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak serta beberapa tokoh dan ulama setempat.

(fat/fat)