Rumah di Surabaya Terbakar Gegara Lupa Cabut Kabel Rice Cooker-Kipas

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 15:49 WIB
Rumah di Surabaya Terbakar Gegara Lupa Cabut Kabel Rice Cooker
Foto: Istimewa (Dok PMK Surabaya)
Surabaya - Sebuah rumah di Jalan Kapas Madya, Kelurahan Kapas Madya Baru, Kecamatan Tambaksari, terbakar. Rumah tersebut ditinggal pergi penghuninya selama 2 hari.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan pihaknya menerima laporan kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 08.44 WIB. Lalu pada pukul 08.48 WIB petugas datang ke lokasi dan langsung melakukan pemadaman api.

"Api pokok padam pada pukul 09.01 WIB. Pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif sekitar pukul 09.27 WIB," ungkap Dedik Irianto kepada detikcom, Sabtu (30/10/2021).

Bangunan rumah ini dengan luas 8x15 meter, sedangkan yang terbakar seluas 8x12 meter. Dalam pemadamannya melibatkan 12 unit mobil PMK. Namun, tidak ada korban dalam kejadian ini.

"Dari keterangan tetangganya, rumah tersebut sudah ditinggalkan selama dua hari. Iya bagian atapnya sudah ambrol," kata Dedik.

Dedik menambahkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Hal ini karena pemilik rumah lupa mencabut kabel kipas dan rice cooker.

"Jadi yang posisi masih nancap itu, kipas angin sama rice cooker itu. Dicurigai itu korsleting," ungkap Dedik.

Atas kejadian ini, Dedik mengimbau masyarakat agar waspada dan lebih berhati-hati sebelum meninggalkan rumahnya agar tidak terjadi kebakaran.

"Karena ini banyak yang berpergian, karena lupa atau apa. Mereka kalau pergi harusnya di cek, AC, kipas angin, terus dispenser yang pakai listrik, kalau airnya habis itu harusnya dicabut. Kalau yang membuat air panas kalau tidak airnya bisa mengakibatkan itu juga (korsleting), kita juga sering melakukan imbauan," pesan Dedik.

Simak juga 'Kebakaran di Pasar Kalideres Puluhan Kios Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)