Hujan Es dan Angin Kencang Porak-Porandakan Belasan Rumah di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 20:16 WIB
angin kencang di sidoarjo
Tenda acara hajatan warga yang porak poranda tersapu angin kencang (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Hujan es disertai angin kencang melanda Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo. Akibatnya belasan rumah warga di Desa Candi Negoro rusak.

Ketua BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito membenarkan adanya hujan deras dan es disertai angin kencang terjadi di Wonoayu Sidoarjo. Belasan rumah milik warga yang mengalami kerusakan kategorinya ringan.

"Kami mendapatkan kabar dari pihak kecamatan bahwa kejadian sekitar pukul 15.40 WIB. Selain angin kencang, hujan pertama yang deras ini ada butiran-butiran es nya, namun tidak besar," kata Dwijo saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (29/10/2021).

"Selain itu kami mendapatkan laporan sementara dari tim yang di lapangan ada belasan rumah yang rusak dengan kategori ringan. Untuk jumlah detail masih menunggu tim yang sedang melakukan pendataan," jelas Dwijo.

Eko (27), salah satu warga mengatakan awalnya turun dengan butiran es, lalu angin kencang datang. Hujan juga semakin deras hingga mengakibatkan dahan dan ranting pepohonan patah. Bahkan ada warga yang menggelar hajatan tendanya berantakan tersapu angin.

Beruntung seluruh tamu undangan yang hadir dapat menyelamatkan diri ke rumah warga setempat. Meski tenda dan kursi berantakan, acara hajatan pernikahan tetap dilanjut.

"Setelah hujannya berhenti semua yang rusak parah seperti tenda, meja dan kursi diperbaiki dan acara bisa dilanjutkan kembali. Kejadiannya sekitar pukul 15.30 WIB. Pas hujan deras dan angin kencang banget," Kata Eko.

Saat peristiwa terjadi dirinya sedang melakukan pemotretan pengantin di dalam tenda. Namun setelah mengetahui secara tiba-tiba hujan dan angin datang, sontak seluruh warga hingga kedua mempelai berteriak.

"Tenda bagian depan roboh, dan tenda lainya hanya kabur terpal atapnya. Kursinya berantakan semua, tenda sebagian besar rusak. Setelah hujan reda barulah tenda diperbaiki. dibongkar. Alhamdulillah tidak ada korban," tandas Eko.

Lihat juga video 'Madiun Diterjang Hujan Es Disertai Angin Kencang, 3 Rumah Roboh':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)