Program SMK Bakti Dindik Jatim Latih Santri Servis Peralatan Listrik

Suparno - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 17:20 WIB
Program SMK Bakti Dindik Jatim
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi (dua dari kanan)/Foto: Istimewa
Sidoarjo -

Ada pelatihan servis peralatan listrik rumah tangga dan perawatan air conditioning (AC) kepada santri. Di SMK Negeri 1 Sidoarjo, pelatihan digelar selama tiga hari mulai 29-31 Oktober 2021.

Ini dalam rangka pendidikan peduli masyarakat melalui program bakti SMK tahun 2021. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan, pelatihan dipusatkan di 9 SMK di Jawa Timur. Pelatihan itu untuk santri-santri di Jawa Timur.

"Apa yang dicita-citakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pondok-pondok pesantren bisa terwujud. Apa yang menjadi keunggulan sekolah SMK inilah yang diberikan kepada santri-santri. Maka akan dipilih pesantren yang membidangi itu, sehingga hasilnya bisa tepat sasaran," kata Wahid di SMK Negeri 1 Sidoarjo, Jumat (29/10/2021).

Kepala SMK Negeri I Sidoarjo Dhanu Lukmantoro mengatakan, bakti SMK ini gerakan tahun kedua yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Kadis. Menggiatkan masyarakat tentang keberadaan SMK.

"Sekarang SMK dinas pendidikan kerja sama One Pesantren One Produk (OPOP) di mana satu sekolah satu pesantren," kata Dhanu.

Dhanu menambahkan, pelatihan berlangsung selama tiga hari mulai 29-31 Oktober. SMK Negeri 1 Sidoarjo bekerja sama dengan Pesantren Fadililah, Desa Tambak Sumur, Kecamatan Waru.

"Harapannya, setelah mengikuti pelatihan ini mereka para santri mampu melakukan sendiri untuk melakukan servis dan membersihkan AC, dan peralatan listrik di ponpesnya," pungkas Dhanu.

(sun/bdh)