Warga Percaya Beri Makan Monyet Kuburan Ngujang Tulungagung Bawa Berkah

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 14:27 WIB
monyet ngujang tulungagung hidup di tengah kuburan
Monyet hidup di tengah kuburan (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Monyet-monyet yang menghuni TPU Ngujang Tulungagung disebut jelmaan pencari pesugihan yang telah mati. Konon, selain jelmaan pencari pesugihan, ada gaib di balik monyet tersebut. Namun hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat keberadaannya secara gaib.

Juru kunci kuburan Ngujang, Ribut Katenan mengaku ada hal gaib yang dirasakan di sekitar kuburan keramat tersebut. Hal gaib itu disebut oleh orang Jawa sebagai danyangan atau yang baureksa.

"Jadi jika kera-kera di sini dikasih makan, maka secara otomatis penghuni gaib di sini juga merasa senang. Walaupun di sini sebenarnya juga ada unsur gaibnya," kata Ribut kepada detikcom di lokasi, Jumat (29/10/2021).

Ribut menambahkan perlindungan gaib itulah yang diyakini membawa keberkahan bagi masyarakat yang memberi makan monyet Ngujang. Sehingga banyak orang yang datang ke Ngujang untuk mencari keberkahan atau jalan menuju kaya.

Baca juga: Monyet Hidup di Tengah Kuburan Ngujang Tulungagung Disebut Jelmaan Pesugihan

Dia tidak menampik jika ada orang yang sengaja datang ke komplek pemakaman Ngujang untuk pencari pesugihan.

"Kalau disebut tempat pesugihan itu kan yang mengatakan, andai tidak dikatakan tempat pesugihan juga bisa. Karena kalau diturut cerita, di sini itu bukan hanya pesugihan, di sini ada tempat penyekaran, dikatakan tempat permohonan karena di sini orang memang memohon," tambahnya.

Dikatakan sebagai tempat tawasul, memang ada orang-orang yang datang mengirim doa di tempat sisi utara Tulungagung.