Dapur Hotel Elmi Terbakar, 5 Penghuni Sesak Napas Dilarikan ke RS

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 18:34 WIB
Hotel Elmi di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya terbakar
Dapur Hotel Elmi sempat terbakar/Foto: Istimewa (Dok PMK Surabaya)
Surabaya -

Dapur Hotel Elmi di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya, sempat terbakar. Akibatnya, 5 penghuni sesak napas dan harus dievakuasi ke rumah sakit.

Informasi yang dihimpun, bagian yang terbakar yakni bagian dapur. Sedangkan penyebabnya diduga berasal dari aktivitas memasak sekitar pukul 01.00 WIB, Kamis (28/10/2021).

"Ada korban 5 orang mengalami sesak napas dan sudah dibawa ke rumah sakit," ujar petugas PMK Surabaya, Widagdo Endang Suroso saat dikonfirmasi.

Menurut Widagdo, petugas datang ke lokasi sekitar pukul 01.51 WIB, namun api pokok sudah padam. Sedangkan damkar yang diterjunkan ada 4 unit termasuk bronto skylift.

"Tiba langsung melakukan pengecekan dan pendinginan karena api sudah padam. Pembasahan selesai dan dinyatakan Kondusif pukul 03.10 WIB," terangnya.

"Saat petugas tiba, untuk api tidak ada. Hanya asap yang naik sampai lantai 5. Pembasahan dilakukan pada pusat saluran pembawa asap yaitu di ducting dapur," imbuhnya.

Widagdo menyebut, petugas juga sempat mengecek lantai per lantai untuk memastikan tak ada api lagi. Saat terbakar, tercatat ada 107 penghuni hotel dan berhasil dievakuasi keluar.

"Semua penghuni hotel 107 orang dan 5 di antaranya korban sesak berhasil dievakuasi keluar oleh petugas pemadam kebakaran," tandas Widagdo.

(fat/fat)