Petani Asal Madiun Raih Penghargaan Terbaik Nasional soal Porang

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 13:36 WIB
Petani Gunung Pandan Ini Raih Penghargaan Terbaik Nasional Soal Porang
Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Madiun - Kementerian Pertanian menetapkan Sukarno asal Madiun peringkat satu petani porang tingkat nasional. Petani Porang asal Gunung Pandan Desa Sumberbendo Kecamatan Saradan, ini dinilai memiliki jaringan luas mulai dari pembibitan pengembangan hingga penasaran Porang.

"Alhamdulillah terimakasih untuk Kementerian Pertanian yang mempercayakan saya dinobatkan mendapat penghargaan juara tingkat pertama nasional oleh Kementerian Pertanian," ujar Sukarno kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Penghargaan diberikan saat Hari Pangan Sedunia, di Cirebon. Pria 41 tahun itu mengaku terjun sebagai petani porang merupakan ilmu warisan nenek moyang di Gunung Pandan tempatnya tinggal. Dirinya menciptakan kuliner olahan tanaman dari porang menjadikan nilai tambah di samping menjual umbi.

"Saya ini sejak SD sudah bergelut dengan tanaman porang dan tahu seluk beluknya. Alhamdulillah saat ini juga ada olahan porang untuk kuliner. Saat itu sekitar tahun 80-an, harga porang masih Rp 300 per kg," tambahnya.

Hingga kini, jelas Karno, pihaknya juga sering dikunjungi tamu yang ingin belajar tanaman porang baik dalam kota maupun luar kota bahwan luar Jawa.

"Saat ini kita di desa ada petani membina calon petani porang yang ingin belajar. Baik perorangan maupun kelompok instansi pemerintah maupun swasta. Kemarin juga ada bupati luar Jawa ke sini belajar porang," jelas Karno.

Sukarno menambahkan, untuk juara kedua petani Porang diraih asal Jateng dan juara ketiga asal Kalimantan Selatan.

Sementara Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami mengaku bangga dengan petani porang di wilayahnya tetap semangat meski ada isu harga porang turun.

"Alhamdulillah selamat untuk mas Karno atas prestasinya yang harus dipertahankan dan saya salut petani Porang Madiun tidak terpengaruh isu harga porang jatuh," ungkap Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun.

Kaji Mbing menambahkan, pihaknya juga mendukung Sukarno untuk memberikan motivasi kepada calon petani porang di lokasi wisata Pancur Pitu Desa Sumberbendo Kecamatan Saradan. "Tetap mendukung siapapun yang ingin belajar tabam porang Monggo ke mas Karno," tandasnya.

Sentra Porang Indonesia saat ini ada di Gunung Pandan Madiun. Gunung Pandan merupakan perbatasan antara Kabupaten Madiun, Nganjuk, dan Bojonegoro. Jika ingin melihat porang di Madiun secara luas, wajib datang ke Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan.

(fat/fat)