Pria Penyiksa Balita di Kota Batu Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 20:33 WIB
balita disiksa calon ayah tiri
Penyiksa balita di Batu diamankan (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu -

Pria yang menyiksa balita di Kota Batu akhirnya diamankan. Pria 25 tahun berinisial W ini menyiksa NS, balita 2,5 yang merupakan anak dari calon istrinya.

"Terhadap pelaku, dijerat Pasal 80 ayat 2 jounto Pasal 76C Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak," ucap Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan dalam konferensi pers di Mapolres Batu, Rabu (27/10/2021).

"Karena perbuatannya, tersangka diancam hukuman penjara lima tahun dan denda sebesar Rp 100 juta," sambung Yogi.

Selain menggelar penyelidikan maraton untuk mengungkap kasus tersebut, polisi juga mengajukan visum atas beberapa luka di sekujur tubuh korban. Menurut Yogi, hasil visum menyatakan bahwa luka yang dialami korban akibat terkena air panas, sundutan rokok, dan ada luka bekas gigitan di bagian tangan korban.

"Hasil visum beberapa luka di sekujur tubuh korban, mulai luka bakar, karena siraman air panas, sundutan rokok, bekas gigitan di jari kedua tangan korban," sebut Yogi.

Selain tersangka, dalam konferensi turut dihadirkan barang bukti yang berkaitan dengan perbuatan tersangka. Seperti bak plastik biasa digunakan korban mandi, gayung yang dibuat tersangka untuk menyiramkan air panas ke tubuh korban.

Seperti diberitakan, seorang balita 2,5 tahun di Kota Batu kulitnya melepuh akibat disiksa calon ayah tirinya. Balita berinisial NS tersebut disundut rokok dan disiram air panas.

Pria yang tega menyiksa balita itu adalah W (25), warga Beji, Junrejo, Kota Batu. W adalah calon suami dari ibu korban, C (23), warga Desa Punten, Bumiaji, Kota Batu. Penyiksaan itu terjadi di rumah W.

Kasus ini justru terungkap dari laporan tetangga ke perangkat desa. Ibu korban sendiri menutupinya dengan mengatakan luka-luka itu karena kulit anaknya yang gatal.

(iwd/iwd)