Pemkot Batu Siapkan Trauma Healing Untuk Balita yang Disiksa Calon Ayah Tiri

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 19:25 WIB
penyiksaan balita di batu
Biaya pengobatan balita yang disiksa ayah tiri ditanggung Pemkot Batu (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu -

Kasus penyiksaan terhadap balita NS mendapat perhatian serius dari Pemkot Batu. Pemulihan mental korban serta perawatan medis bakal dibiayai Pemkot Batu.

"Ke sini mau besuk karena ada anak balita kena musibah. Alhamdulillah meski saya tidak langsung melihat bayinya, keterangan dokter kondisinya semakin membaik," ujar Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada wartawan saat berkunjung ke RS Hasta Brata, Selasa (26/10/2021).

Dewanti menegaskan, penanganan seperti trauma healing bagi ibu dan bayinya, untuk pemulihan psikologis demi pertumbuhan korban akan dilakukan sepenuhnya oleh Pemkot Batu.

"Yang pasti kami akan dampingi korban dan keluarga agar saat kembali ke masyarakat seperti biasanya. Sehingga yang harus kita pikirkan bagaimana memberi trauma healing bagi ibu dan bayinya untuk pemulihan psikologis," tegasnya.

Dokter yang menangani korban, Kompol drg Wahyu Ari Prananto menambahkan bahwa kondisi korban saat ini sudah jauh lebih baik.

"Saat ini keadaan balita sudah lebih baik. Anaknya kelihatan sehat dan mau makan, bahkan sudah tertawa. Begitu juga dengan luka pada balita sudah mengering," imbuhnya.

Wahyu menjelaskan, saat pertama masuk rumah sakit, kondisi korban mengalami luka di sekujur tubuhnya.

Baik luka lama, baru, maupun infeksi. Pihaknya menduga kuat luka tersebut karena bekas air panas hingga sulutan rokok.

"Awal masuk, banyak luka. Baik luka lama ataupun baru. Kami menduga karena tersulut rokok dan terkena air panas," jelasnya.

Lihat juga video 'Ditinggal Ayah, Bocah Kakak-Adik Ditemukan Telantar di Polman':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)