Round-up

Kisah Guru Berhonor Rp 350 Ribu di Ngawi yang Tinggal Serumah dengan Kambing

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 09:22 WIB
Guru honorer SD di Ngawi tinggal serumah dengan kambing. Guru ini yakni Sri Hartuti (42).
Rumah yang sekaligus kandang kambing/Foto file: Sugeng Harianto/detikcom
Surabaya -

Guru honorer SD di Ngawi tinggal serumah dengan kambing. Ia yakni Sri Hartuti (42), guru yang menerima honor Rp 350 ribu setiap bulannya.

Sri merupakan guru kelas IV di SDN Pandean 4, Kecamatan Karanganyar. Ia mengajar sejak 2007. Ia mengaku sudah tiga bulan tinggal di rumah yang sekaligus kandang kambing ini.

"Benar saya tinggal di rumah sekaligus buat kandang kambing," jelas Sri saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Guru honorer SD di Ngawi tinggal serumah dengan kambing. Guru ini yakni Sri Hartuti (42).Sri Hartuti (42)/Foto file: Sugeng Harianto/detikcom

"Sebelumnya tinggal dengan ibu dan nenek saya di satu desa sini, dan baru tiga bulan menepati kandang kambing ini. Ada enam ekor kambing," katanya.

Sri tinggal bersama suami dan tiga anaknya. Sang suami yang bernama Andi Nugroho (42) bekerja serabutan.

"Pindah ke sini karena ingin mandiri saja. Alhamdulillah berkat memelihara kambing sejak SMA saya sekarang sudah bisa nyelengi beli tanah nanti buat dibangun," jelasnya.

Setiap bulan, Sri menerima honor Rp 350 ribu sebagai seorang guru. Jika honor telat turun, biasanya ditalangi dulu oleh teman yang sudah ASN.

"Iya betul segitu, Rp 350 ribu. Biasanya setiap tanggal 1 sampai 5 (terima honor). Tapi kadang kalau telat ditalangi teman yang sudah ASN," ujar Sri.

Rencananya, Sri akan membangun rumah yang lebih layak di tanah yang sudah dia beli. Tanah tersebut Sri dibeli menggunakan uang hasil penjualan kambing.

"Insyaallah ini mau bangun di tanah yang kita beli kemarin, sama suami dari hasil jual kambing," imbuhnya.

Simak juga 'Tangisan Guru Honorer di Hadapan Nadiem Gegara Honor Rp 100 Ribu/Bulan':

[Gambas:Video 20detik]