Bocah di Banyuwangi Tewas Tenggelam dalam Bekas Galian Tambang

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 01:13 WIB
Seorang bocah tewas tenggelam dalam danau bekas galian tambang. Ia yakni Siti Madura (13) warga Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.
Lokasi bocah tewas tenggelam/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Seorang bocah tewas tenggelam dalam danau bekas galian tambang. Ia yakni Siti Madura (13) warga Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Jasad korban ditemukan di dasar kubangan bekas tambang sekitar pukul 14.15 WIB. Lokasi ia tenggelam yakni danau bekas galian C depan AIL Rogojampi.

Peristiwa itu bermula saat korban bersama dua saudaranya (keponakan korban), ikut ayahnya Zainul Arifin (52) pergi menjaring ikan di TKP. Tiba di TKP, Zainul meninggalkan ketiga bocah tersebut di sekitar danau untuk membeli cilok. Saat kembali ke TKP, Zainul diberitahu salah seorang cucunya bahwa korban tenggelam di danau.

"Waktu itu ada salah seorang warga yang kebetulan mendengar cerita cucu ayah korban. Dia langsung menceburkan diri ke danau untuk mencari korban," ungkap Kompol Sudarsono, Kapolsek Rogojampi kepada wartawan, Sabtu (23/10/2021)

Nahas, korban ditemukan di dasar danau dalam kondisi sudah meninggal dunia. Warga lantas melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Rogojampi.

Berdasarkan hasil olah TKP, peristiwa itu terjadi lantaran kelalaian ayah korban yang meninggalkannya sendiri di sekitar danau. "Kami bersama anggota langsung menuju TKP untuk olah TKP. Dugaannya korban jatuh terpeleset dan tidak bisa berenang hingga akhirnya tewas tenggelam," kata Sudarsono.

Jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka, untuk selanjutnya dimakamkan. "Orang tua korban sudah menyatakan ikhlas menerima kepergian korban, dan meminta kepada Kapolsek untuk membawa pulang agar dapat segera mengurus jenazah dan memakamkan korban," tutupnya.

Diduga kuat, gadis kecil itu tewas tenggelam setelah jatuh terpeleset dan masuk ke kubangan bekas tambang yang cukup dalam. Waktu itu ia ditinggal beli cilok oleh ayahnya.

(sun/bdh)