Solar Masih Langka, Nelayan Surabaya Terancam Tak Melaut

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 18:31 WIB
nelayan surabaya
Nelayan di Surabaya terancam tak bisa melaut karena solar langka (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Nelayan di Surabaya mengeluh soal langkanya solar. Jika solar di Surabaya kian susah didapat, maka para nelayan terancam tak bisa melaut lagi.

Wakil Ketua Kelompok Nelayan Samudera Jaya Kelurahan Kedung Cowek Surabaya, Mas'ud mengatakan saat ini para nelayan kesusahan mencari solar. Sebab, solar di SPBU langganan nelayan di area Kedung Cowek habis.

"Kita nelayan di sini pakai solar SPBU, kita kesulitan solar mulai kemarin. Kemarin sudah gak ada solar, yang dipakai tinggal sisa-sisa," kata Mas'ud saat ditemui detikcom, Jumat (22/10/2021).

Jika bahan bakar solar terus habis dan susah dicari, kata Mas'ud, dengan terpaksa para nelayan tak bisa melaut. Melaut pun harus ikut dengan perahu nelayan lainnya untuk menghemat bahan bakar.

nelayan surabayaFoto: Esti Widiyana

"Kalau gak ada solar terpaksa gak bisa melaut. Bisa (melaut), tapi ikut teman pakai bensin," ujar Mas'ud.

Saat ini, ia dan nelayan yang lain masih memiliki sekitar 25 liter solar. Sebanyak 25 liter itu bisa habis dalam waktu 3 hari melaut.

"Ini masih ada 25 liter, kalau ga ada lagi sudah ga bisa melaut. Melaut ini kan lihat musim. Biasanya 2-7 liter solar sehari," jelasnya.