Abai Perawatan Saat Pandemi COVID-19, Waspada Risiko Wajah Bruntusan

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 09:13 WIB
ilustrasi perawatan wajah, ilustrasi kecantikan
Ilustrasi (Foto: iStock)
Surabaya -

Menjaga kesehatan di era pandemi COVID-19 sangat penting. Namun kesehatan kulit juga jangan diabaikan. Apalagi saat ini pemerintah sudah memperbolehkan melakukan aktivitas di luar rumah. Meski roda perekonomian baru berjalan, ada baiknya laki-laki atau perempuan menjaga kulitnya tetap bersih dan tidak kusam dengan perawatan.

Menjaga kulit di era pandemi meski bertambah umur, salah satunya dengan tidak membiarkan kulit kusam dan kering. Jangan mengurangi pesona kulit wajah hingga memudar saat memakai masker dan hand sanitizer. Sebab bila dibiarkan, wajah dan kulit sangat rentan terjadi iritasi, kulit kering serta bruntusan.

"Luangkan waktu untuk memperhatikan kulit dan merawatnya. Apalagi bertemu rekanan atau customer di luar rumah. Pilih produk kecantikan yang aman, alami dan teruji klinis. Karena beberapa produk resep dokter diperlukan walaupun bukan masuk golongan alami," kata dokter kecantikan di Surabaya, dr Silvia Lerick Dasilva, Jumat (22/10/2021).

Dia menyarankan sebaiknya saat keluar rumah membawa masker cadangan untuk mengganti masker yang sudah kotor agar tidak menimbulkan jerawat, bruntusan pada wajah. Setelah bepergian jangan lupa untuk membersihkan muka agar bersih dari debu dan kotoran.

"Kita juga bisa melakukan perawatan kulit dari luar dengan rangkaian skincare yang aman dengan mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Mencuci wajah dengan metode double cleansing, memakai pelembab sesuai dengan jenis kulit dan menggunakan sunscreen atau tabir surya," tambahnya.

dokter kecantikan di Surabaya, dr Silvia Lerick Dasilvadokter kecantikan di Surabaya, dr Silvia Lerick Dasilva/ Foto: Tangkapan Layar

Selain itu minum air putih dan sayuran yang cukup dengan mengkonsumsi vitamin sangat dianjurkan. Dengan terpenuhinya hal itu, jelas dia, secara tidak langsung kulit selalu terjaga kelembapannya.

"Kalau mau yang lebih bagus hasilnya diperiksa oleh dokter kulit, jadi bisa tahu produk skincare mana yang sesuai dan tepat dengan jenis kulit," ujarnya.

Silvia juga menyarankan, tidur cukup selama 8 jam per hari juga menunjang perawatan wajah. Sebab, jika seseorang kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan menimbulkan kantung mata.

"Pola hidup sehat dan istirahat yang cukup juga baik untuk kesehatan kulit, jadi tidak mengandalkan menggunakan krim saja," tandasnya.

Menurutnya, masalah lain yang sering timbul di masa pandemi akibat penggunaan masker adalah bibir kering, iritasi kulit, kulit telinga yang iritasi akibat tali masker serta kulit punggung tangan yang kering akibat penggunaan hand sanitizer. Tips mengatasinya gunakan pelembab bibir sebelum memakai masker setelah tiba di rumah. Untuk tangan bisa gunakan hand sanitizer yang mengandung pelembab.

(fat/fat)