Saat Peserta Tes CPNS Kemenkumham Jatim Dikawal Pink Soldier Squid Game

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 16:07 WIB
Surabaya -

Belasan pink soldier ala Squid Game muncul dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham Jatim. Bukan untuk ikut seleksi, tapi mereka mengawal para peserta di sela-sela tes Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian.

Para pink soldier adalah panitia seleksi SKD CPNS dari Kemenkumham Jatim. Mereka sengaja berdandan layaknya karakter penjaga dalam film Korea Selatan besutan Hwang Dong-Hyuk itu. Tujuannya untuk menghibur para peserta.

Nuansa Squid Game itu muncul pada sesi II atau hari ke-12 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kemunculan mereka ditandai bunyi sirine. Tak lama pink soldier dengan topeng bulat, segitiga dan persegi muncul.

Belasan pink soldier ala Squid Game muncul dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham Jatim. Bukan untuk ikut seleksi, tapi mereka mengawal para peserta di sela-sela tes Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian.Pink soldier ala Squid Game dalam SKD CPNS Kemenkumham Jatim/ Foto: Istimewa (dok.Kemenkumham Jatim)

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan, pihaknya memang sengaja menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi kali ini. Agar tidak monoton, pihaknya menentukan tema berbeda setiap harinya.

"Kami ingin membuat peserta lebih relaks dan bahagia," ujar Krismono dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Menurut Krismono, dipilihnya tema Squid Game karena ada kemiripan antara permainan asal Korea Selatan itu dengan seleksi CPNS yang digelar. Sebab, peserta harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan. Orang yang bertahan sampai akhir akan mendapat hadiah.

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham. Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," kata Krismono.