RS PHC Surabaya Operasi Jantung dengan Sayatan Hanya 2 Cm Pertama Kalinya

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 10:56 WIB
Pertama Kalinya, RS PHC Surabaya Operasi Jantung dengan Sayatan 2 Cm
Operasi jantung (Istimewa: Dok RS PHC Surabaya)
Surabaya -

RS PHC Surabaya menorehkan sejarah baru. Sebab, berhasil melakukan tindakan operasi atau intervensi medis metode TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair), pada penanganan pasien dengan kondisi pembesaran pembuluh darah jantung (aneurisma aorta).

Aneurisma Aorta sendiri salah satu jenis kelainan pada pembuluh darah utama dan terbesar di tubuh manusia dan membahayakan. Akibatnya, pembuluh darah utama yang berfungsi mengalirkan darah yang banyak oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, dapat pecah sewaktu-waktu dan mengancam nyawa, karena perdarahan yang terjadi.

Operasi menggunakan metode TEVAR dilakukan pertama kali di RS PHC Surabaya atau merupakan yang kedua di RS Area Indonesia Timur. Pasien pertama ini berasal dari Mojokerto, Imam Makhfud (66). Si pasien mengalami keluhan sakit perut berulang, nyeri dan kebas pada kaki, susah bernapas, sulit menelan serta dada mendadak terasa nyeri.

Baca juga: Berwisata Medis di Surabaya Lebih Murah Ketimbang ke Luar Negeri

Operasi ini dilakukan tim bedah thorax dan kardiovaskuler. Mereka yakni dr Yosis Yohanes M SpBTKV (K) VE, Prof Dr dr Med Paul L Tahalele drSpBTKV.

Prof Paul mengatakan, penyakit ini disebut langka karena prevalensi kejadian penyakit yang hanya 0,005 persen di Indonesia.

"Kami melakukan operasi kasus langka ini dengan metode TEVAR yang minim invasif atau sayatan, yakni hanya memerlukan 3-4 cm sayatan untuk bisa memasukkan ring ke jantung," kata Prof Paul kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Tonton juga Video: Pasca Rekonstruksi Payudara, Apakah Masih Bisa Menyusui?

[Gambas:Video 20detik]