Hindari Minuman Bersoda dan Manis Saat Pancaroba

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 09:11 WIB
Young woman eating a croissant, drinking fresh milk for breakfast in the kitchen. She is wearing only a blue shirt, standing by the big, bright window
Ilustrasi minum (Foto: Getty Images/NoSystem images)
Surabaya -

Cuaca di Kota Surabaya tak menentu. Kadangkala terasa panas menyengat, namun terkadang mendung diselingi gerimis. Dengan cuaca seperti ini membuat tubuh mudah diserang oleh penyakit, sehingga mudah tumbang.

Untuk itu hindari minuman bersoda. Sebab selain bisa menyebabkan peradangan, minuman tersebut tidak mengandung nutrisi apapun selain kalori kosong dari gula.

"Sebab bisa berdampak pada peradangan di tenggorokan. Sebaiknya perbanyak mengkonsumsi air putih. Kemudian, saat cuaca panas dan kadang mendung disertai gerimis," kata dr Yuni Ariani, yang bertugas di RSAL dr Ramelan Surabaya kepada detikcom, Kamis (21/10/2021).

Kondisi ini berdampak beberapa penyakit langganan yang kerap dialami masyarakat luas. Seperti flu, batuk hingga pilek. Saat seperti ini, perlu mengubah pola hidup dan makan agar tubuh selalu terbentengi.

"Pancaroba kan peralihan, bisa dikatakan musim penyakit. Karena kalau peralihan biasanya ada perubahan tekan udara dan subuh. Idealnya berkembangnya virus dan kuman. Banyak orang daya tahan tubuh turun dan rawan terjangkit penyakit," jelasnya.

Ia pun menyebutkan beberapa penyakit langganan yang bisa dialami saat musim pancaroba. Mulai dari ringan hingga berat bisa terjadi, tergantung pada kondisi tubuh.