Sayap Perempuan Gerindra Jatim Berselawat Peringati Maulid Nabi

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 23:41 WIB
Pimpinan Daerah (PD) Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jawa Timur merilis video berjudul Shalawat Thibbil Qulub. Ini merupakan organisasi perempuan Gerindra.
PD PIRA Jatim/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Pimpinan Daerah (PD) Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jawa Timur merilis video berjudul Shalawat Thibbil Qulub. Ini merupakan organisasi perempuan Gerindra.

Perilisan ini dalam momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad saw tahun 1443 Hijriyah, yang jatuh pada Selasa (19/10). Video tersebut dibuka dengan logo dan tulisan Majelis Taklim Imadul Bilad Perempuan Indonesia Raya Jatim.

Ketua PD PIRA Jatim Yayuk Padmi Rahayu mengatakan, nama Majelis Taklim Imadul Bilad adalah nama majelis yang bernaung di bawah PD Pira Jatim. Majelis Taklim tersebut, akan menjadi wadah aktivitas keagamaan bagi para pengurus, kader, dan juga menjadi sarana perluasan jaringan PIRA.

"Jadi video yang kami rilis kemarin sekaligus launching pembentukan wadah baru bernama Majelis Taklim Imadul Bilad," ujar Yayuk, Rabu (20/10/2021).

Menurut Yayuk, nama Imadul Bilad dipilih atas saran dari Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad. Nama itu memiliki arti tiang negara.

"Hal itu selaras dengan sebuah hadis yang artinya, perempuan adalah tiang negara. Keberadaan PIRA ingin lebih bermakna bagi kaum perempuan," terangnya.

Menurut Yayuk, pilihan Shalawat Thibbil Qulub tersebut bukan tanpa alasan. Shalawat adalah bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW di hari kelahirannya. Sedangkan kandungan pesan dalam shalawat tersebut, lantunan doa agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan dari berbagai mara bahaya dan penyakit. Khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Dalam video berdurasi 4 menit tersebut, kader PIRA Jatim tampil memakai kostum putih. Dibalut kerudung berwarna coklat.

Sebelum merilis shalawat ini, PIRA Jatim juga telah me-launching lembaga konsultasi hukum (LBH) yang akan fokus pada masalah perempuan. Dalam prosesnya, PIRA Jatim akan mengerahkan beberapa pakar dan praktisi hukum. Di antaranya Wakil Ketua PD PIRA Jatim Umi Enggarsari, Jovita Budyanti Mestikasar, Yuli Nuraini serta Wakil Sekretaris PD PIRA Jatim Indawati.

(sun/bdh)